Makalah Askep Epilepsi


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai pencetus pada sebagian kecil perkara ayan. tetapi di sebagian besar perkara yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Absence


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada peristiwa ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan perilaku badan yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit epilepsi, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini menderita ayan sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf kekritisan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak pingsan.


Menurut informasi WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik kurang lebih 30-50 perkara tiap seratus ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus dapat bertambah sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini dapat naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa awal diderita seseorang pada usia kapan saja, meski umumnya situasi ini terjadi semenjak masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Kejang Epilepsi

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer adalah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menerka bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara ayan simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Makalah Askep Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef